Wednesday, March 3, 2010

Memasang Google Analytic di Blog

Untuk mempermudah megetahui berapa jumlah pengunjung blog kita, kita bisa memanfaatkan fasilitas Google Analytics . Fasilitas ini merupakan tools bawaan Google yang memang khusus digunakan untuk mengetahui jumlah visitors blog/web kita.
Caranya mudah kok...Jika kalian sudah punya Google Account tentunya....Tapi bagi yang punya blog dengan blogger.com pasti sudah punya, kalo yang belum punya, lagsung daftar aja dech lewat mail.google.com
Jika dah selesai langsung aja masuk ke www.google.com/anaylitics. Lalu klik Acces Analytics. Nah...langkah selanjutnya adalah

  1. Jika Anda sudah punya web/blog yang sudah memakai Google Analytic, maka tampilan pertama pada layar Anda akan berbentuk seperti ini :

  2. Jika Anda masih tergolong orang baru (baru di google), klik aja pada bagian pojok kanan atas (PKS), lalu pilih  Create New Account.
  3. Klik Sign Up

  4. Jika sudah, masukkan pada form yang ada tentang informasi dari blog Anda, misalnya judul blog, alamat blog, asal negara Anda, dll.

  5. Klik Continue
  6. Akan muncul form untuk mengisikan nama Anda (awal dan akhir) serta negara Anda. Masukkan sesuai nama dan negara yach...ingat !! Kita bangga menjadi Indonesia .

  7. Klik Continue lagi
  8. Akan muncul sebuah konfirmasi yang meyatakan bahwa Anda setuju dengan persyaratan layanan Google Analytic. Pengin dibaca ??? Baca aajah.....Jika malezzzzz.....lagsung aja beri centang pada checklist-nya.

  9. Klik Create New Account
  10. Nah...selesai dech...lalu kita tinggal lakukan aja copas alias copy paste kode yang diberikan google, lalu taruh kode tersebut pada blog/web kamu yang sudah terupload tentunya, sebelum kode : </body>

  11. Selesai dech dan jangan lupa klik Save and Finish....
Alhamdulillah selesai juga...Jangan lupa dicek tiap kali kamu ngeblog. Berapa pengunjung kamu per hari, minggu, atau per bulan . Enjoy.....

    Artikel Terkait



    0 comments:

    Post a Comment