Thursday, April 29, 2010

Kelulusan SMK N 1 Demak

Pengumuman hari Senin, 26 April kemarin telah dilaksanakan. Semua sekolah SMA/SMK/Sederajat telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. SMK N 1 Demak merupakan salah satu sekolah menengah yang pada hari itu juga melaksanakan pengumuman hasil Ujian Nasional 2009/2010. Namun, kali ini sepertinya Dewi Fortuna tidak memihak kepada sekolah ini. Beberapa dari siswanya telah dinyatakan "TIDAK LULUS". Namun, tenang aja masih ada ujian ulangan kok. Ujian ulangan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Mei 2010 secra serentak di Indonesia. Walaupun banyak yang tidak lulus, namun SMK N 1 Demak tidak sendirian. Banyak dari sekolah lain terutama di NTT yang dilaporkan paling banyak jumlahnya. Sedangkan di Jawa Tengah menempati urutan kedua setelah NTT.
Banyak pendapat mengatakan bahwa ujian nasional ini terlalu sulit bagi siswa. Bahkan ada pendapat mengatakan, "Sebelum soal ujian diberikan pada murid, cobakan dulu pada orang Diknas. Mungkin banyak juga yang akan tidak lulus".
Saya sangat setuju dengan hal tersebut. Apalagi dalam jangka waktu 2 minggu yang akan datang akan ada ujian nasional ulangan. Mungkin ini menjadi hal yang sangat tidak mungkin bagi siswa yang akan mengikuti ujian ulngan tersebut. Mereka harus belajar lagi mata pelajaran ujian nasional tersebut. jadi, dapat disimpulkan bahwa ujian nasional jelas membawa semua murid dan guru dalam ke-setress-an yang sangat besar. Bagaimana tidak? Mereka semua sudah berjuang keras untuk mencapai kelulusan. Jika akhirnya dinyatakan tidak lulus, apakah itu karena usaha mereka yang kurang maksimal ??? Itulah yang masih menjadi tanda tanya. Maksimal/tidaknya usaha hanya kita sendiri yang bisa menilainya. Jika nantinya UAN akan dihapus, itu menjadi hal yang sangat menggembirakan bagi semua pihak terutama guru dan siswa.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment