Senin, 05 April 2010

Tanggap Wacana Atur Pasrah Temanten

Selain ujian praktik tari,, ada juga ujian praktik maca sesorah basa Jawa. Kita harus membuat pidato dalam bentuk teks bahasa Jawa dan menghafalkannya untuk dibacakan di depan guru yang akan menilai pidato. Tentunya guru bahasa Jawa. Kita juga diharuskan memakai kostum dan riasan yang sesuai dengan pidato yang akan kita bacakan. Pilihan pidato antara lain: wasana warsa, atur pasrah temanten, atur panampi pasrahan temanten, dan lelayu. Penjelasannya sebagai berikut :
  • Untuk wasana warsa kita harus membuat pidato tentang wasana warsa kelas 12 yang akan dilepas/lulus. Kostum dan rias boleh seperti anak sekolah, yaitu memakai seragam sekolah.
  • Untuk atur pasrah dan atur panampi, harus memakai kostum yang sesuai dengan kondisi di mana kita sedang menyampaikan penerimaan / memasrahkan pengantin.
  • Untuk lelayu, kita harus membuat pidato tentang bagaimana cara  berbicara sebelum seseorang/ jenazah akan dimakamkan. Kita harus berpakaian seperti modin yang menalqinkan jenazah. Misalnya, memintakan maaf jenazah kepada orang-orang yang masih hidup, dsb.

Tapi, karena kemarin saya hanya membuat pidato tentang atur pasrah temanten, jadi saya hanya bisa memberi temen-temenb link tentang pidato tersebut. Kalian bisa baca dan pahami apa artinya walupun agak sulit.Tapi usahakan sebagai orang jawa (terutama yang orang jawa) ataupun tidak, pelajari basaJawa dengan tekun karena itu adalah bahasa daerah kita dan harus terus dilestarikan. Jangan sampai orang bilang "Wong Jowo rak jowoni". Nih link-nya :
Tanggap Wacana Atur Pasrah Temanten

Maturnuwun....

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar